DINAS TENAGAKERJA DAN PERINDUSTRIAN KOTA SURAKARTA SELANGKAH LEBIH KEDEPAN DALAM UPAYA MEMBENTUK SDM UNGGUL DI KOTA SURAKARTA MELALUI PROGRAM PENGUATAN KEMAMPUAN INDUSTRI BERBASIS TEKNOLOGI.

Penyiapan SDM Industri Kreatif saat ini menjadi tanggungjawab bersama, termasuk DISNAKERPERIN sebagai salah satu pemegang mandat menyiapkan SDM UNGGUL di Kota Surakarta. Melalui pelatihan Start Up Booth Camp yang akan diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya pada tanggal 22-24 Oktober 2019 menandai mulai bangkitrnya industri kreatif Digital di Solo. Bekerjasama dengan PT.Oorth Skynosoft sebuah start up yang menggawangi aplikasi sosial media komunitas yg lebih dikenal dengan OORTH, akan menjadikan pelatihan ini sebuah “entry point” kebangkitan start up di Kota Solo.
Pelatihan akan diselanggarakan selama 3 hari dari pagi sampai sore dng materi antara lain Design Thinking, Iterasi, Minimum Viable Product, Membuat Prototype, Start Up Funding Strategy Design, Improvement Product, Pitching Investor dan Businesss Model Canvas serta yang tidak kalah menarik dan penting adalah testimoni dari CEO – Oorth, Krisnha Adityangga tentang bagaimana membangun kerajaan industri kreatif digital seperti Oorth. Selaku CEO Oorth juga sepakat akan berkolaborasi dengan Dinas utk membidani lahirnya Oorth Academy yg akan bersinergi untuk menciptakan SDM Unggul di Solo. Pada pelatihan kali ini juga dihadirkan Keynote Speak yaitu Bp. Taufiq Al Jufri yg merupakan CEO DANA SYARIAH yaitu salah satu candidate founder.
Pelatihan diikuti oleh 20 orang yang telah melalui tahap penjaringan dan pemilihan talent di masing2 instansi yaitu UNS, UMS, SINUS, SMK , dan lembaga lainya. Sebelum mulai pelatihan telah dilaksaksanakan technical meeting ada tanggal 15 Oktober 2019 dimana peserta sudah mulai dikenalkan dng mentor masing2 dan selanjutnya akan terus bersama utk penggalian ide sampai pada ahkir pelatihan.
Harapan kedepan pelatihan ini akan menjadi embrio start up di Kota Solo yang menjadi binaan dari DISNAKERPERIN yg selanjutnya akan dilakukan pendampingan, inkubator dan uji pasar sampai dengan membuka fasilitasi utk founder. Keberlanjutan program kegitan tahun depan akan memberikan fokus utk peningkatan produktifitas start up dengan mempertemukan dengan investor melalui Techno Link Program.
TTD
Kasie Industri Kreatif –DISNAKERPERIN Kota Surakarta ( YEPPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *