KATAKAN PADA KOMUNITAS

SEMANGGIHARMONI.SURAKARTA.GO.ID, SOLO – Komunitas tanpa program tidak akan berarti begitu juga program tanpa komunitas program tersebut hanyalah angan-angan. SEMAR KUNCORO merupakan salah satu program Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta yang bertujuan untuk memberikan semangat pada masyarakat Kota Surakarta untuk menggali potensi dari bidang kreatifitas. Blangkon, Wayang, Batik, Perca, Lukis Kain hingga Carnival menggunakan batik merupakan bentuk produk kreatifitas. Lebih dari itu, menurut Yeppi, pengembangan peranti lunak merupakan domain kreatifitas, yang saat ini banyak digandrungi oleh generasi milenial. Namun program ini tidak akan berjalan dengan baik bila tidak ada dukungan banyak pihak. Usia dari program ini relatif baru dengan demikian informasi mengenai program ini pun hanya diketahui oleh kalangan terbatas.

Running Teks milik Pemkot Surakarta

Kota Surakarta tidak beda seperti kota – kota di Indonesia, kota yang memiliki beragam komunitas masyarakat. Komunitas tersebut inilah yang nantinya akan memberikan dukungan pada program-program sejenis yang dicanangkan pemerintah. namun akses mendapatkan informasi tersebut terbatas. Solusi mengatasi kesulitan mendapatkan akses informasi, menurut Yeppi dapat diselesaikan dengan penggunaan portal informasi elektronik. Wujud kemudahan akses tersebut berupa tersedianya portal informasi IKM Semanggi Harmoni yang memiliki alamat www.semanggiharmoni.surakarta.go.id.

Namun demikian, akses melalui portal tersebut bisa saja hanya terbatas untuk kalangan yang terlibat langsung dengan komunitas tersebut sedangkan banyak komunitas di Kota Surakarta belum mengetahui program ini. Agar adanya program ini dapat diketahui oleh banyak komunitas. Perlu didukung dengan adanya publikasi atau promosi yang dapat memanfaatkan media seperti :

  1. Media massa cetak seperti koran, majalah, buletin
  2. Media massa elektronik seperti televisi, radio, videotron, running teks
  3. Media publikasi konvensional seperti reklame, papan iklan, pamflet, brosur hingga kartu nama.

Pentingnya publikasi atau sarana promosi ini agar menjangkau semua kalangan komunitas yang melakukan aktifitas di lingkungan Kota Surakarta maupun yang melalui lingkungan Kota Surakarta. Semakin banyak pihak yang mengetahui  ini dapat memberikan peluang semakin besarnya dukungan mewujudkan Kota Surakarta menjadi Smart City berbasis Industri Kreatif.