PRODUK IKM SEMANGGI HARMONI KUALITAS EKSPOR

SEMANGGI HARMONI – IKM Semanggi Harmoni merupakan inisiasi dari Pemerintah Kota Surakarta bersama Kementerian Perindustrian yang dibangun mulai tahun 2018. Didalamnya ada beberapa bangunan dengan fasilitas yang sesuai dengan fungsi masing-masing.

“Di sini ada beberapa bangunan, yaitu bangunan gedung produksi, bangunan gedung promosi, bangunan gedung penunjang, bangunan gedung pengelola, dan bangunan pendopo yang terbuka untuk masyarakat Surakarta,” kata penanggung jawab sementara Sentra IKM Semanggi Harmoni, Eka Hari Kartana.

“Kita ada 12 IKM yang terdaftar. diantaranya IKM Batik, yaitu Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, Crafter Solo, IKM Blangkon, IKM Kain Lukis, Batik Karnival, Sanggar Wayang Gogon, dan IKM Digital. Adapun produk yang diproduksi di Sentra IKM Semanggi Harmoni rata-rata sudah memiliki kualitas ekspor yang dikirim ke beberapa negara seperti Perancis, Kanada, dan Rusia.

“Kalau produk yang IKM di sini rata-rata sudah ekspor. Pak Yani sudah banyak ekspor ke Prancis, desain ini (batik) sudah sampai Kanada, Pak Margono melatih wayang di Rusia,” imbuh Eka.

Pihaknya berharap, selain sebagai destinasi wisata, Sentra IKM Semanggi Harmoni juga bisa digunakan sebagai tempat pengembangan kreativitas. Hal itu karena mereka telah mengembangkan konsep tradisional dan modern.

“Di sini sudah ada konsep tradisional dan modern. Adapun yang tradisional contohnya batik tulis, cap batik sementara yang modern kita sudah ada yang namanya digital. Designer sudah menggunakan alat-alat yang digital, kemudian tahun ini kita mengadakan mesin batik yang digital, cantingnya sudah menggunakan digital,”. transformasi dari pembuatan batik tradisional menjadi modern merupakan inovasi IKM Semanggi Harmoni untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *